HMD68 #1: WE CHALLENGE YOU TO BE A WINNER, 3rd ATMOSPHERIC SCIENCE OLYMPIAD

0
118

Atmospheric Science Olympiad (ASO) adalah salah satu rangkaian kegiatan dalam memperingati hari meteorologi dunia ke-68 di Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan geofisika. ASO yang mengangkat tema “Cermat Cepat Tepat Tanggap” merupakan olimpiade sains atmosfer yang meliputi sinergi bidang ilmu meteorologi dan klimatologi. 1st ASO dilaksanakan pertama kali oleh HTMK STMKG 2015/2016 yang diikuti oleh taruna/i STMKG jurusan meteorologi dan klimatologi dari tingkat 1 – 4 dan terbuka untuk tim bebas yang berasal dari kombinasi jurusan apapun. Pada 3rd ASO ini diikuti oleh 25 tim dari kelas-kelas meteorologi dan klimatologi.

Rangkaian kegiatan 3rd Atmospheric Science Olympiad adalah sebagai berikut :

Pada tahap pertama adalah uji keterampilan dalam bidang keprofesian meteorologi dan klimatologi, terdapat tiga pos, yaitu pos pengumpulan data, pos pengolahan dan analisis data serta pos interpretasi citra. Satu tim yang berisi tiga orang taruna mengerjakan soal yang diberikan secara bersama-sama.

Pada tahap kedua, semua peserta mengerjakan soal yang terdiri atas 40 soal pilihan ganda dan empat soal esai dengan waktu 60 menit. Materi dalam soal ini berupa penyandian, pengumpulan data dan pengolahan serta analisis data. Nilai hasil pada tahap pertama dan kedua akan diakumulasikan untuk menentukan tiga tim terbaik yang akan melaju ke tahap selanjutnya.

Pada tahap ketiga, tiga tim terbaik yang dinyatakan lolos adalah tim kelas meteorologi 8A, meteorologi 8B, dan meteorologi 8C. Pada tahap ini terdapat empat sesi pertanyaan yaitu: pertanyaan wajib, pertanyaan lempar, pertanyaan rebutan berbobot, dan pertanyaan taruhan.

Antusiasme peserta dan penonton saat memasuki ruang perlombaan menambah ramainya babak final ASO. Ditambah persaingan antara tim yang semuanya berasal dari meteorologi semester VIII semakin menambah antusiasme dalam ruangan. Meski suasana tak selalu serius namun peserta melakukan usaha terbaik mereka. Akhirnya, setelah babak rebutan yang menegangkan didapat kelas Meteorologi 8B atas nama Clara Avila Dea Permata, Payoga Ismail, dan Rizka Erwin Lestari sebagai juara pertama yang membawa piala bergilir ASO serta uang pembinaan sebesar Rp.1.500.000. Juara kedua diraih oleh kelas Meteorologi 8A atas nama Tria Maulida, Ambinari Rachmi Putri,dan Wishnu Agum Swastiko yang mendapat uang pembinaan sebesar Rp. 1.000.000 dan juara ketiga diraih kelas Meteorologi 8C atas nama Imaduddin Salma Faalih, Miranti Indri Hastuti,dan Nabilla Akhirta yang mendapat uang pembinaan sebesar Rp.750.000.

Ajang olimpiade antar taruna diharapkan dapat menjadi motivasi dan semangat bersaing antar taruna bahkan antar tingkatan yang berbeda. Tidak selalu yang menduduki tingkat tertinggi menjadi yang terbaik, namun usaha dan ketekunaan dalam belajarlah yang menjadi pesan penting dalam kegiatan ASO tersebut. Selamat kepada pemenang dan maju terus STMKG. (N_14/HIR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 × five =