HMD68 #2: OLIMPIADE SAINS ATMOSFER TINGKAT SMA SEBAGAI AJANG PENGENALAN METEOROLOGI

0
262

Dalam rangkaian acara Hari Meteorologi Dunia ke-68 ini perlombaan Atmospheric Science Olympiads (ASO) SMA merupakan yang pertama kali dilaksanakan di STMKG karena pada tahun sebelumnya hanya perlombaan ASO Taruna yang diadakan. Antusias para peserta sangat baik dalam acara ini. Pada lomba ASO SMA telah terdaftar 289 tim dengan 867 orang peserta dari seluruh Indonesia yang nantinya akan dipilih 10 orang semifinalis untuk dapat melakukan babak semifinal dan final di kampus STMKG.

Babak penyisihan telah terlaksana pada tanggal 25 Februari 2018, dan telah terpilih 10 Tim dengan nilai terbaik untuk bisa lanjut di babak semifinal pada 21 Maret 2018. Serangkaian acara semifinal dan final akan dilaksanakan pada 20 Maret 2018 hingga 22 Maret 2018. Acara dimulai pada 20 Maret 2018 dengan diadakannya Field Trip di Kantor BMKG Pusat untuk 10 Tim terbaik yang telah lolos babak semifinal. Dalam hal ini hanya ada 9 Tim yang bisa menghadiri serangkaian acara semifinal karena 1 tim berhalangan untuk hadir, 9 tim itu yakni:

  1. Trimimosa de KBS – SMA Kesatuan Bangsa Yogyakarta
  2. Jayawijaya – SMAN 1 Depok
  3. Tim Duta – SMAN 2 Tangerang
  4. Thamrin – SMAN Unggulan MH Thamrin
  5. Semeru – SMAN 1 Depok
  6. Delta MAN 2 Kediri – MAN 2 KOTA KEDIRI
  7. Nama Tim – SMAN 1 Pamekasan
  8. Kopi luwak – SMA Negeri 27 Bandung
  9. Gass_pol – SMAN 1 Surakarta

Sambutan oleh Ketua STMKG

Sambutan oleh Ketua ASO 2018

Pada hari kedua tanggal 21 Maret 2018 Tahap Semifinal dilaksanakan. Tepat pukul 07.00 WIB 9 Tim telah siap di kampus STMKG. Pembukaan acara dilaksanakan di Ruang rapat gedung rektorat STMKG. Pembukaan dilaksanakan dengan dipimpin oleh pembawa acara Taruna Bayu Nugraha dan Taruni Deffi Munadiyat Putri. Pada tahap semifinal ini ASO 2018 mengusung jargon “SIAP JADI JUARA!” denga harapan bisa memacu semangat tiap peserta yang lolos. Acara dilanjutkan dengan bernyanyi lagu Indonesia Raya dan pemutaran video opening  ASO 2018. Setelah itu, sambutan oleh Ketua pelaksana ASO 2018 Bapak Dr. Deni Septiadi, M.Si dan dilanjutkan oleh sambutan Ketua STMKG Bapak Slamet Suyitno Raharjo, S.Si M.Si. Kemudian penyematan tanda peserta Semifinalis ASO SMA 2018 yang dilakukan langsung oleh Bapak Slamet selaku Ketua STMKG. Dan kemudian di tutup doa.

Acara selanjutnya yakni tahap semifinal, pada tahap ini dibagi dua sesi yaitu sesi teori dan sesi praktikum. Untuk sesi praktikum dibagi lagi menjadi 2 babak, untuk babak pertama yaitu pengamatan angin dan awan dengan peralatan meteorologi yang dilaksanakan di Lapangan apel besar kampus STMKG kemudian untuk babak kedua yaitu pengamatan dan penyebutan nama alat dan cara penggunaan alat alat meteorologi yang dilaksanakan di taman alat kampus STMKG. Setelah melakukan kegiatan semifinal para peserta diberikan waktu istirahat sembari menunggu hasil pengumuman 3 tim  yang lolos ke tahap final yang akan disampaikan selanjutnya.

Semifinal ASO 2018 sesi teori

Semifinal ASO 2018 sesi praktikum

Pengumuman tahap semifinal disampaikan dan telah didapat 3 tim dengan nilai tertinggi yang akan lanjut ke tahap final. Ketiga tim yaitu :

  1. Gass_pol – SMAN 1 Surakarta
  2. Trimimosa de KBS – SMA Kesatuan Bangsa Yogyakarta
  3. Semeru – SMAN 1 Depok

Tahap final berlangsung pada hari yang sama. Pada tahap final akan dibagi menjadi dua sesi. Pada sesi pertama tiap tim diberi satu studi kasus dan diharap bisa memresentasikan dengan baik. Pada sesi selanjutnya yakni Lomba Cerdas Cermat (LCC) terdapat dua babak yaitu babak pertama dengan pertanyaan jatah tiap tim dan babak kedua dengan pertanyaan rebutan. Poin-poin yang didapat oleh tiap tim disini saling beradu, terutama pada babak rebutan yang sangat membangun euforia penonton yang berada di ruangan.

Lomba Cerdas Cermat Final ASO 2018

Usai tahap final telah didapat poin akhir cerdas cermat untuk tiap tim yaitu: Trimimosa de KBS(130 poin), Semeru(85 poin), dan Gass_pol(65 poin). Poin ini nantinya akan diakumulasikan untuk mendapat pemenang juara 1,2, dan 3 yang akan diumumkan dihari berikutnya.

Pada hari ketiga ini antusias 3 tim semakin terlihat karena tak sabar menunggu pengumuman mengenai pemenang juara 1,2, dan 3 ASO SMA 2018 ini. Tiba saatnya diumumkan juara ASO SMA 2018 dengan hasil dibawah ini :

  1. Juara I : Trimimosa de KBS – SMA Kesatuan Bangsa Yogyakarta
  2. Juara II : Semeru – SMAN 1 Depok
  3. Juara III : Gass_pol – SMAN 1 Surakarta

Juara I ASO SMA 2018

Juara II ASO SMA 2018

Juara III ASO SMA 2018

Penyerahan hadiah dilakukan langsung oleh Sekretasris utama BMKG Bapak Dr. Widada Sulistya, DEA, Ketua STMKG Bapak Slamet Suyitno Raharjo, S.Si M.Si serta Ketua ASO 2018 Bapak Dr. Deni Septiadi, M.Si. Para pemenang mendapat piala, medali, uang pembinaan serta sertifikat juara. Dengan adanya ASO SMA 2018 ini diharapkan bisa memacu semangat dan pengetahuan siswa SMA Sederajat sekaligus bisa menyosialisasikan STMKG kepada masyarakat agar semakin dikenal dan diterima di masyarakat sebagaimana yang disampaikan oleh Ketua STMKG Bapak Slamet Suyitno Raharjo, S.Si M.Si pada saat acara pembukaan. (MKA/AP)

Sumber: https://stmkg.ac.id/hmd68-2-olimpiade-sains-atmosfer-tingkat-sma-sebagai-ajang-pengenalan-meteorologi/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 × 4 =