HMD68 #3: SEMINAR NASIONAL BUMI DAN ATMOSFER (SENBA) TAHUN 2018

0
103
Sambutan oleh Sekretaris Utama BMKG

Sambutan oleh Sekretaris Utama BMKGTangerang Selatan (22/3) – Seminar Nasional Bumi dan Atmosfer (SENBA) 2018 yang mengusung tema “Waspada cuaca, peduli iklim untuk masyarakat aman dan sejahtera” adalah seminar, diskusi ilmiah, dan konferensi pers yang diadakan oleh Himpunan Taruna Meteorologi dan Klimatologi Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (HTMK STMKG) dalam rangka menyambut Hari Meteorologi Dunia ke-68.

Dihadiri para pejabat BMKG, dosen-dosen STMKG, dan pemakalah SENBA 2018, acara yang dilaksanakan di Ruang Rapat STMKG dipandu oleh Taruna M. Fajri dan Taruni Annisa P Lestari. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Taruna Fauzan Abdul Latief, dan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh Taruni Meldisa Putri. Selaku Ketua Panitia, Dr. Deni Septiadi memberikan sambutan yang kemudian acara dibuka oleh Dr. Widada Sulistya,DEA , Sekretaris Utama BMKG. Dalam penuturan Dr. Widada Sulistya,DEA, beliau menyampaikan bahwa setiap tahunnya Indonesia diterjang oleh bermacam bencana yang 80% diantaranya adalah bencana hidrometeorologi.

Keynote Speaker SENBA 2018

SENBA 2018 terbagi atas 2 sesi yang dimulai dengan seminar narasumber yang disampaikan oleh Dr.rer.nat. Abdul Haris selaku Dekan FMIPA Universitas Indonesia. Beliau menyampaikan seminar dengan tema “The Role of Earth Sciences in The Sustainable Development.” Keynote speaker selanjutnya adalah Drs. R. Mulyono R. Prabowo, M.Sc. selaku Deputi Bidang Meteorologi BMKG yang menyampaikan seminar dengan tema “Weather Knowledge for Climate Action”. Seminar dan diskusi ilmiah ini dimoderatori oleh Dr. Widada Sulistya, DEA.

Salah satu rangkaian SENBA 2018 adalah Penyerahan Piala ASO SMA Tingkat Nasional. Berikut daftar pemenang ASO SMA Tingkat Nasional 2018 :

  • Juara 1 SMA Kesatuan Bangsa Yogjakarta
  • Juara 2 SMA N 1 Depok
  • Juara 3 SMA N 1 Surakarta

Foto Bersama Pemenang ASO Tingkat SMA

Sesi pertama seminar, diskusi ilmiah dan konferensi pers ditutup dengan penyerahan plakat secara simbolis. Dalam sesi ke-2 SENBA 2018, diselenggarakan presentasi bagi peserta ‘Call For Paper’ yang lulus ke tahap Seminar Oral dan Poster Paralel. Untuk topik paper, terdiri atas sebagai berikut.

  1. Meteorologi, Klimatologi, dan Oseanografi
  2. Polusi Udara dan Permasalahan Lingkungan
  3. Kebencanaan Hidrometeorologi
  4. Inovasi Instrumentasi dan Teknologi Kebumian
  5. Perubahan Iklim dan Kebijakan Energi
  6. Seismologi dan Geofisika Terapan Interaksi Bumi-Atmosfer

Penyerahan Plakat kepada Keynote Speaker

Sebanyak 256 abstrak bersaing, kemudian dipilih 13 abstrak dari tiap topik untuk melanjutkan ke tahap seminar oral dan poster paralel. Untuk seminar oral, setiap pemakalah menyampaikan presentasi atas papernya. Sementara itu, untuk poster paralel sendiri ditampilkan di Ruang Kuliah Umum STMKG yang pemenangnya ditentukan melalui voting dari setiap pengunjung poster paralel.

Pemenang seminar oral dibagi atas dua kategori, diantaranya sebagai berikut:

Sama dengan seminar oral, poster paralel juga dibagi atas dua kategori pemenang, yaitu sebagai berikut:

Acara ditutup oleh Dr. Widada Sulistya, DEA dan Slamet Suyitno Rahrjo, M.Si, kemudian dilanjutkan dengan penganugerahan hadiah untuk para pemenang seminar oral dan poster Paralel. (DM/MK).

Sumber: https://stmkg.ac.id/hmd68-3-seminar-nasional-bumi-dan-atmosfer-senba-tahun-2018/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 + nineteen =