Siklon Tropis Cempaka dan Erupsi Gunung Agung, Berkah atau Murka

0
93

Dua peristiwa alam sekaligus melanda Indonesia. Erupsi gunung Agung di Bali dan lahirnya siklon tropis di perairan selatan Jawa.

Erupsi panas dari gunung agung berkombinasi sempurna dengan udara dingin, angin kencang, dan curah hujan tinggi akibat siklon tropis. Bukan tidak mungkin siklon tropis justru mengakibatkan hujan erupsi yang mengandung unsur-unsur berbahaya bagi manusia.
Namun demikian, siklon dan erupsi ini tak selamanya menjadi bahaya. Menurut Eko Susilo, siklon tropis mampu meningkatkan kesuburan perairan. Nilai konsentrasi klorofil-a yang merupakan nutrient atau unsur makanan bagi ikan akan meningkat 5x lipat. Akibatnya setelah siklon usai, ikan akan bermigrasi ke daerah tersebut untuk mendapatkan makanan.

Adapun erupsi, menurut Suriadikarta, lahan yang terkena abu vulkanik gunung berapi akan menjadi subur. Hal ini disebabkan abu vulkanik mempunyai pH mendekati netral, kaya akan unsur Calsium (Ca) & Posfor (P), dan rendah kandungan logam berat. Sehingga sangat bermanfaat untuk pertumbuhan tanaman. (FL)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

one × 2 =